Make Your Gadget as Your Travel Guide

Halo halo 🙂

Jalan-jalan. Hayo siapa yang gak suka jalan-jalan? Mayoritas dari kita suka, bukan? Berkunjung ke tempat baru, melihat objek-objek andalan dan menikmati keindahan alam. Although someone said that traveling is not just about the destination: it’s the about experience and moment together, gak ada salahnya kalau kita bisa mengenal lebih jauh tempat yang kita tuju. Selain terkesan kurang cool, nyasar atau buta tujuan tentunya hanya membuang waktu. Apalagi jika tujuan yang akan kita datangi benar-benar asing dan baru, keberadaan Guide pasti akan sangat membantu.

Namun bagi para budget traveler, menyewa tour guide tentunya menempati posisi bawah dalam skala prioritas. Mungkin lebih asik dan menantang untuk menyusun itinerary sendiri, menjadi pemandu bagi diri kita pribadi, dan tentunya dengan bantuan gadget yang kita miliki.

Sesuai postingan saya tentang Euro trip yang lalu, di sini saya ingin berbagi mengenai aplikasi-aplikasi Ipad yang sangat membantu perjalanan saya waktu itu.

1. CityMaps2Go

It’s a really recommended application! CityMaps2Go menyediakan offline map dengan dilengkapi oleh sistem GPS. Kita bisa mencari tempat tujuan dan mengetahui dimana posisi kita sekarang tanpa perlu terhubung ke internet.

Sadly speaking, aplikasi ini gak gratis. Untuk download aplikasi kita perlu bayar sekitar $1.99. Nah, setelah aplikasi terpasang, baru kita bebas memilih dan mengunduh map tiap kota tanpa dipungut biaya tambahan(pas download harus terkoneksi ke internet dulu ya).

Sayangnya, kita hanya bisa melakukan searching tempat bukan cari direction-nya. But it’s not a big deal, since our single movement is precisely detected by the GPS. Buat saya tools ini sangat membantu dan worth the price. Dengan harga yang gak terlalu mahal, map yang tersedia sudah lengkap dan setelah traveling pun masih bisa dipakai untuk ngubeng-ngubeng Jakarta kalau mau meeting di kantor klien. :p

Tersedia banyak pilihan negara. Di masing-masing negara pun kita bisa memilih mau download peta propinsi atau kota.

Search bisa dilakukan dengan type box atau melalui kategori. Tiap venue pun kita bisa lihat penjelasan wiki secara offline.

2. Triposo

Triposo ini cara kerjanya sama dengan CityMaps2Go. Menyediakan offline map dan titik yang menunjukan keberadaan kita di map tersebut. Perbedaannya ialah Triposo fokus terhadap objek wisata dan tempat-tempat menarik di kota tersebut. Jadi pada peta terdapat banyak simbol yang ketika di-klik akan menampilkan rincian dari objek tersebut.

Tools ini sangat membantu untuk menyusun alur itinerary keliling kota. Jadi kita bisa tau di suatu kawasan ada objek wisata seru apa aja, sejauh apa jarak antar satu objek ke objek lainnya, dan juga terdapat rekomendasi tempat wisata menarik di setiap kotanya. Dan poin terpenting ialah: aplikasi ini gratis. hihihi..

Kita bisa lihat ada objek menarik apa saja yang ada di sekitar kita

Rekomendasi tempat wisata (kiri atas) dan juga deskripsi lengkap si objek seperti jam operasional, harga tiket, nilai sejarah, dan sebagainya

3. TravelPlan

Aplikasi gratis lainnya yang satu ini fungsinya untuk mencatat segala rencana perjalanan kita. Perbedaan mencatat itinerary di TravelPlan dengan di notes biasa adalah disini kita bisa attach potongan map dan foto dari objek yang akan kita tuju. Hal ini mempermudah kita untuk akses itinerary dan detailnya hanya dengan satu tools saja.

Selain itu di TravelPlan juga terdapat menu untuk mencatat detail hotel dan check list barang bawaan. Kinda real travel companion lah pokoknya..

Selain tools-tools di atas, beberapa aplikasi lain yang saya coba gunakan dan cukup powerful diantaranya:

Traveler’s Phrasebook – Menyediakan potongan percakapan dalam beragam bahasa. Lumayan untuk belajar ekspresi-eskpresi dasar seperti halo, selamat pagi, terima kasih, atau sekedar untuk mencoba menawar riang gembira dalam bahasa lokal 😉

Commander Compass – Sebenarnya ini kompas untuk menentukan arah. Tapi karena sistem navigasi di aplikasi yang lain sudah oke, akhirnya tools ini lebih terpakai untuk menentukan arah kiblat. hehe

Wi-Fi Finder – Nah yang satu ini berguna untuk mencari WiFi di sekitar kita. Tools ini bisa mendeteksi lokasi-lokasi yang menyediakan WiFi di sekitar kita. Wifi Finder juga memberi informasi mana saja Wi-Fi yang bisa digunakan secara bebas dan mana yang perlu autentikasi.

Easy Jet Mobile – atau beragam flight management mobile app dari tiap maskapai yang kita gunakan. Fungsinya untuk mencatat jadwal penerbangan kita, melakukan pemesanan darurat, atau menyimpan boarding pass. Jadi gak perlu ribet cetak-cetak boarding pass atau khawatir tiket hilang selama perjalanan.

Yup. Tentunya masih banyak aplikasi lain yang mampu mempermudah langkah perjalanan kita. Mungkin teman-teman punya rekomendasi lain yang lebih dahsyat? Share yuuk.. 😉

The road of our life twists and turns. No directions are ever the same. So enjoy every little step of our journey! 

Advertisements

10 thoughts on “Make Your Gadget as Your Travel Guide

  1. Pingback: My First Euro Trip | @dseptia

    • Hi mbak elly..
      Kalau pakai gadget ini sebenernya sih ga usah nanya juga ga akan nyasar hehehe..
      Paling concernnya kalau kita harus komunikasi untuk melakukan transaksi kayak beli tiket dan makan ^^
      Jadi menurut aku bisa bahasa inggris penting juga sih, seenggaknya kita bisa menguasai simple conversationnya..

  2. asslkm mbak…salam kenal yh. saya yg add mbak d fb mohon d confirm. mo nanya mbak kl ke paris dengan tranportasi dr belanda kira2 pake apa yh yg murah?

    • Waalaikumsalam mbak mila..
      Duh maaf aku suka jarang cek fb.. hehe.. mbak message aja nanti pasti aku balas dan confirm 🙂
      Sejauh pengamatan saya, paling murah sebenarnya naik pesawat.. tapi kayaknya paling nyaman itu naik kereta ya.. tapi kalau kereta lebih baik pesan dari jauh hari supaya harganya kompetitif sama pesawat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s