Book Review: Untuk Indonesia yang Kuat

20111127-083546.jpg

Berangkat dari suatu misi besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik, Ligwina Hananto mengajak kita semua terlibat dalam suatu langkah nyata: Stronger Middle Class Indonesians, Golongan Menengah Indonesia yang Kuat.

siapa yang tergolong golongan kelas menengah?
Golongan menengah adalah yang orang-orang yang memiliki mata pencaharian, bisa makan enak tiga kali sehari, mampu beli buku, baju, bahkan tas yang matching. Namun kadang masih terjepit ketika harus berhadapan dengan dana-dana darurat. Padahal golongan ini harus kuat, karena dengan kuatnya mereka, mereka mampu menyokong perekonomian Indonesia dengan lebih baik lagi.

Buku ini membuka mata saya untuk lebih mempersiapkan rencana keuangan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Saya yang selama ini hanya percaya dengan sistem menabung saja mulai ngeri ketika menghadapi kenyataan bahwa dengan tingginya angka inflasi, untuk biaya sekolah anak saya nanti saya harus memiliki uang sekitar 1 milyar! Dan total dana pensiun yang harus dipersiapkan untuk 40 tahun ke depan yaitu sekitar 30 milyar! Berapa besarnya uang yang harus saya sisihkan tiap bulan jika saya hanya mengandalkan tabungan saja?

Menurut saya, ini merupakan buku yang wajib dibaca oleh seluruh kalangan menengah Indonesia. Apalagi teman-teman fresh graduate yang pastinya masih banyak waktu untuk merencanakan keuangannya. Tidak perlu menunggu untuk menjadi milyader untuk bisa ikut menyehatkan perekonomian Indonesia. Ketika keuangan kita sehat, kita bisa ikut membantu program-program pemberdayaan masyarakat. Ketika keuangan kita sehat, kita bisa ikut memperkuat perekonomian Indonesia dengan terlibat dalam pasar modal di Indonesia.

when we are stronger, we can help others to become stronger for longer period of time

So, let’s be Smarter Indonesian!

🙂

.dhea

Advertisements

8 thoughts on “Book Review: Untuk Indonesia yang Kuat

    • Iya nikii.. Seru dan ringan kok bukunya.. Cukup membuka mata untuk gw yang sama sekali buta dengan finance-finance gitu.. Hihi..

      Siip.. Happy reading ya Nik! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s