Berkah Ramadhan 1431 H

Ramadhan kembali ke penghujungnya. gak kerasa besok udah lebaran. iya gak kerasa pisan! tapi kenapa selalu kata-kata itu yang saya ucapkan ketika hari-hari terakhir puasa. baguskah? atau itu tanda ibadah saya juga selalu balelol selama puasa? 😦

setiap Ramadhan pasti memiliki kesan tersendiri. dan tahun ini, Allah memberikan beberapa berkah, yang entah bagaimana saya mensyukurinya. apalagi, balik lagi, ibadah saya masih gini-gini aja.

JAYSES 2010

Setelah berbagai proses seleksi dan persiapan yang saya ceritakan di sini, tanggal 19 – 29 Agustus kemarin saya akhirnya berangkat ke Vietnam dalam program JAYSES 2010 (Japan Asian Young Enterpreneur Scientis and Engineering Study Visit). 5 hari di kota Hanoi, sisanya di Ho Chi Minh City. puasa di tempat yang mayoritas penduduknya menganut komunis. namun alhamdulillah semuanya dimudahkan. bahkan sempet satu kali saya berbuka di sebuah masjid dan berkumpul dengan muslim dari negara lain di sana.

delegasi Indonesia (UI, ITB, UGM)

di sini kami bertemu banyak orang baru. dari negara asean dan jepang. memahami kultur suatu negara ternyata tidak gampang. kami harus bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil karena tugas kami adalah mendiskusikan beragam masalah dan mempresentasikannya di depan peserta lain serta para stakeholder. selain itu kami berkunjung ke beberapa perusahaan di sana. perusahaan hasil kerja sama Jepang dan Asia.  pokoknya selama berkunjung kerasa deh 3 slogan yang dulu sering dibaca di buku sejarah :

3A: Jepang pemimpin asia. Jepang pelindung asia. Jepang cahaya asia. LOL

Salah satu kunjungan, ke Denso Vietnam

sesi presentasi

acara lain? jalan-jalan tentunya. Hanoi mirip Yogyakartanya Indonesia, etnik dan bersahaja. sedangkan Ho Chi Minh City itu Jakartanya. sungguh dinamis, konsumtif, dan metropolis. di Vietnam motornya bejubel. tapi gak ada tuh macet panjang-panjang. bahkan di lampu merah, semua kendaraan sudah berhenti ketika lampu berganti dari merah ke kuning? kalo di Indonesia lampu kuning tandanya “ayo cepaaat sebelum merah!” =))

Ha Long Bay

tapi satu yang pasti. saya makin cinta Indonesia. apalagi sehabis berkunjung ke Saigon High Tech Park, pemiliknya adalah seseorang yang puluhan tahun menuntut ilmu di Jepang dan Amerika. sampai dia sadar bahwa passionnya adalah kembali ke negaranya dan mendirikan pusat riset di sana! siapa yang gak mau jadi orang hebat lalu kembali ke tanah air untuk memajukannya? kata-kata beliau yang paling saya suka :

if you don’t make something for better human being, you are a worker, not an engineer

Ulang (atau Ilang) Tahun

090910. tahun ini ternyata saya ulang tahun bertepatan dengan hari terakhir puasa. malam takbiran. nikmat yang berbeda ketika Allah mengizinkan saya menghabiskan malam ulang tahun ini penuh dengan takbir. dan tentunya di tengah keluarga. selagi jayses kemarin menyadarkan saya betapa saya cinta Indonesia, Ulang tahun ini menyadarkan saya betapa semua orang-orang di sekeliling saya sangat berharga. amat banyak yang telah mereka lakukan. tapi sebaliknya saya belum bisa membalasnya. orang tua, keluarga, pacar, teman, saya sayang mereka! semoga mereka selalu dilindungi Tuhan dan saya diberikan izin untuk membalas semua kebaikan mereka.

Foto Kuenya aja, orangnya baru bangun tidur :p

Agak  munafik ya jika judul postingan ini berkah Ramadhan, tapi cuma dua yang saya ceritakan. padahal setiap harinya Dia memberikan berkah yang berlimpah. tapi apa daya, bahkan jika air di seluruh lautan dijadikan tinta tidak akan cukup menuliskan karuni Dia di setiap hari saya.

Then I Wish..

Semoga tidak pernah menjadi pribadi yang lelah bersyukur. bersyukur dalam arti berusaha, percaya, dan menerima. semoga diberi kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan hidup ini (terlepas dari Hidup Itu Apa? :p) semoga semakin didekatkan sama pencipta saya. semoga bisa membahagiakan orang-orang di sekeliling saya. dan terakhir semoga bayi gendut yang dilahirkan 21 taun yang lalu di tanah air ini, bisa memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan ibu pertiwi suatu hari nanti.

Terakhir..

Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim di seluruh dunia. semoga Ramadhan ini menjadi titik awal untuk hidup dengan cara yang lebih baik.

Dan saya, yang selalu banyak salah sama kalian.. mohon dimaafkan ya 🙂

Bags of Thanks for Anugerah Suseno, all of the pictures in this post was taken from his Album.

13 thoughts on “Berkah Ramadhan 1431 H

  1. Maap lahir batin ya… 😳 ^__^

    Moga tahun depan kita masih bisa bertemu bulan ramadhan lagi. Amin!

    Dan, selamat ulang tahun! 😆 Moga sehat terus, makin sukses di berbagai bidang (keluarga, pribadi, maupun kuliahnya), dan diberi umur yang barokah sama Allah SWT. Amin! 🙂

  2. “if you don’t make something for better human being, you are a worker, not an engineer” nice quote.

    sukses selalu ya…

    mohon dimaafin juga 😆

  3. biarin telat
    selamat ilang tahun kakak dhea
    semoga jadi org sukses
    kecapai cita-citanya
    ilang yang buruk2nya (baca:ngupil)
    nambah yang baik2nya
    jangan bosan2 ngajarin gue
    dan jangan lupa traktir gue
    hoho

Leave a Reply

