50 days in Bali

 

setelah cerita tentang kenapa memilih Bali sebagai tempat KP di sini, sekarang saya mau cerita tempat-tempat seru yang kita datangi selama 50 hari disana!

Monumen Niti Mandala Renon

ini merupakan objek wisata pertama yang kami datangi setibanya di Bali. pertama kali kesana dalam keadaan belum mandi :). monumen ini terletak di Lapangan Renon yang jaraknya beberapa meter dari kostan gw :p. di dalamnya banyak diorama dan benda-benda peninggalan perjuangan masyarakat Bali. tapi kalo mau masuk mesti di hari kerja, karena kalau weekend pasti tutup.

loncat kegirangan di depan monumen renon!

Di sekitarnya ini adalah lapangan renon yang super luas dan segala jenis lapangan ada. hari Minggu biasanya Car Free Day. waktu pertama kesini kami sarapan bubur. dan baru mengetahui fakta bahwa bubur Bali adalah bubur biasa yang disiram kuah Lontong sayur. nyeee~

Pantai Kuta

Pantai paling terkenal di Bali. pantai paling rame. banyak turis domestik. otomatis pantai paling kotor.

a sunset-hunter? kata orang disini sunrsetnya bagus banget. tapi entah kenapa selama gw dan yang lain kesini untuk mengejar sunset, awannya selalu tebal. T.T

Kuta's sky after sunset

Buat yang mau nginep di Kuta dengan low-budget silahkan ke Poppies Lane. Letaknya di sebelah McD kuta. di sepanjang Popies Lane ini banyak tempat nginep super murah dengan fasilitas yang baik. dan juga bisa kenalan sama banyak bule karena mayoritas penghuni adalah bule-bule backpaker *wink*

Oya, jalan-jalan ke Kuta gak afdol kalo cuma ke pantainya aja. di sepanjang Jl. Pantai Kuta banyak tempat makan terjangkau yang bisa dicoba. jalan sedikit ke arah Selatan, ada Kuta Square yang penuh dengan outlet-outlet yang menjual barang-barang dengan harga miring. untuk belanja oleh-oleh, bisa ke Pasar Kuta yang kali ini beneran menjual barang yang terjangkau dengan harga miring πŸ˜€ (dengan syarat : bisa nawar).

tempat favorit gw di Kuta? FLAPJACKS! tempat makan eskrim, pancake, omelette dengan porsi bule. super besarrrrr! hehe..

5 scopes of ice cream, plus wafel, choco wafer, crunch ,and many more!

 

Bali Art Festival

Bali Art Festival merupakan acara tahunan di Bali yang menampilkan beragam kebudayaan dari seluruh Indonesia. beragam stand mulai dari stand makanan, sepatu, tas, lukisan, kain, dan segala barang-barang khas Bali bisa didapat disini. selain itu ada juga stand-stand yang menjual jasa perawatan tubuh khas Bali.

disini juga ada bianglala loh πŸ˜‰

Festival ini biasanya diadakan mulai pertengahan Juni – pertengahan Juli. untuk tahun ini, which was Pesta Kesenian Bali ke 32, berlangsung dari tanggal 12 Juni – 10 Juli 2010. venuenya bisa ditemui di Bali Art Centre di Jalan Hayam Wuruk.

 

bergaya di Panggung Utama PKB

rame banget kalo pas weekend, suasananya kayak PRJ tapi ala Bali. disini gw dan vina nyobain ear candle. jadi satu batang lilin khas ditaro di atas kuping kita yang katanya fungsinya untuk ngeluarin kotoran di dalamnya :D. selain itu, gw juga membeli lulur khas “Bali Tangi”. sebungkusnya 25k dan bisa dipakai sampai 4 kali. it’s so worth girls!

Pantai Sanur

this beach is for you, sunrise lover! Pantai yang berada di sebelah timur ini menyajikan pemandangan matahari terbit. yap! kata orang-orang loh yah, karena selama disini kita gak cukup bersemangat bangun pagi dan melihat matahari terbit saat weekend. :p

anginnya super kencang, di belakang kita itu pada Kite Surfing

kalo siang di Sanur anginnya super kenceng. kencangnya angin dimanfaatkan untuk ber-water and air sport riaΒ  Kite Surfing. seru!

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Dalam agama Hindu, Dewa Wisnu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti)

GWK merupakan lahan luas dimana kita bisa melihat patung super besar yang (semestinya) berbentuk Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda ini berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Waktu seminar IEC di ITB, orang nuART sebagai pengelola GWK ini pernah bercerita, GWK merupakan calon patung terbesar di dunia karena besarnya akan mengalahkan Patung Liberty. tapi sampai sekarang sayangnya baru sekitar 20% yg selesai. untuk masuk kesana kita dikenakan biaya Rp 25k per orang.

di depan patung Dewa Wisnu yang tangannya masih ketinggalan di bawah

 

ada lapangan besar dan bersih kalo kita mau tidur-tiduran :p

Pantai Dream Land

YAP! ini dia pantai favorit gw sejauh ini. hamparan pasir putih di pesisir pantainya makin indah karena dihiasi karang-karang besar. pas kami kesini gak terlalu ramai dan masih banyak bule-bule topless berjemur :p. ombaknya juga super kencang, bahkan bisa membuat gw yang “kokoh” ini terjungkal-jungkal.

tuh ombaknya tinggi kan? padahal ini di pinggir pantainya

di sekitar pantai kita bisa sewa kursi-kursi panjang untuk bersantai seharga Rp 50k, untuk main di airnya ada juga yang nyewain papan surf kecil seharga RP 25k.

foto bareng bule (baju putih) di dreamland

Pura Uluwatu

Uluwatu, Pura di atas tebing

Pura eksotis yang terletak di atas tebing pinggir pantai. terletak di Barat Bali yang menyebabkan sunset merupakan santapan wajib pas disini. sayangnya pas kesini LAGI-LAGI kita ketinggalan sunset!! T.T

sedih gak dapet sunset. tapi langitnya tetep keren!

untuk masuk kesini kita para pria yang pake celana pendek harus pakai kain penutup, sedangkan yang wanit mesti melingkarkan kain di pingganngnya. selain keindahan sekitar pura. kita juga bisa menonton pertunjukan tari kecak dengan merogoh kocek sebesar Rp 70k. Tari Kecak biasa dimulai pukul 18.00 WITA.

pertunjukan kecak

Foto bareng pemainnya πŸ˜€

Tanah Lot

satu lagi pura yang terletak di pinggir pantai. sama-sama menyajikan sunset yang gak kalah indahnya. di jalan menuju ke pura banyak toko-toko cinderamata. harganya juga lumayan murah, asal bisa melakukan Rules Number 1 (nawar, red.)

loncat-loncat di depan Pura Tanah Lot

Selain keindahan pura, di sini juga kita bisa lihat Ular Suci yang boleh dipegang. ada juga Air Suci yang katanya kalau diminum bisa bikin kita panjang umur. silahkan mau percaya atau tidak. tapi yang pasti ada kelapa super gede di tempat kita makan siang. :p

kelapanya besar sekali

ada lubang di batu berbentuk "Love", so sweet...

Pantai Jimbaran

setelah Dream Land saya juluki sebagai Pantai Terfavorit, Pantai yang satu ini mendapat kehormatan sebagai Pantai Ter-Romantis di Pulau Bali. di sekitar pantai berjejer rumah makan yang menjual beragam Seafood segar. kesinilah saat sore hari. sambil menunggu pesanan datang. kita bisa duduk-duduk menghadap pantai. ditemani deburan ombak. disinari cahaya matahari terbenam.

 

restaurant di pinggir pantai Legian

Saat malam hari dan langit menjadi gelap? disinilah romantisnya. pijaran lilin dari masing-masing meja menimbulkan untaian candle light dinner yang super syahdu. Kehadiran pengamen yang elegan menambah suasana Legian layaknya suasana Hawai (kayak pernah aja ke Hawai :p).

bisa beli jagung bakar sambil nunggu pesanan, cukup 10rb saja

soal rasa makanan? jangan khawatir karena kita bisa memilih sendiri ikan-ikan dan seafood lain yang ingin kita santap. harganya memang cukup mahal. rata-rata Rp 40k / kg untuk ikannya. tapi worth! apalagi kita disediakan nasi dan sayur gratis, tinggal nambah kalo kurang.

 

Pineaple Juice πŸ˜‰

setelah makan malam habis dan kita memutuskan untuk pulang, datang suatu kejutan lagi. yaitu Kembang Api! really romanzing!! yiha..

 

Pulau Menjangan

here it was! one of the best place which u must visit when u were in Bali. Pulau Menjangan. terletak di ujuuuuuuung Pulau Bali. sekitar 4 – 5 jam naik mobil dari Kuta. salah satu tempat favorit di Bali yang menjadi langganan Snorkeling atau Diving para turis.

menari-nari di dalam air

untuk snorkeling, nyewa alat lengkap (Fins, Pelampung, dan goggles) plus biaya perahunya cukup mengeluarkan biaya Rp 80k. yap! setelah sampai tempat parkir, kita akan naik boat lagi selama kurang lebih 15 menit untuk sampai ke spot snorkelingnya! berbagai macam coral dan ikan bisa kita temui disana. ada bagian yang dangkal (jadi kita bisa berdiri) tapi ada juga bagian yang sangat dalam ampe gak keliatan lagi dasarnya. kami juga berenang bersama kumpulan ikan-ikan kecil yang biasa disebut school of fish. pokoknya sungguh menyenangkan! 4 jam nyemplung di dalam air sama sekali gak kerasa πŸ˜€

Hello! My Name's Nemo!

Monkey Forest Sangeh

feels like home! haha.. disini banyak monyet-monyet berkeliaran. suasananya sangat asri karena sekeliling areal dipenuh pohon-pohon tua yang tinggi-tinggi. setelah selesai berkeliaran disini. kita bisa belanja baju-baju dan cinderamata lain yang harganya lumayan murah πŸ™‚

Monyet-monyet di sini sangat fotogenic!

Ubud

apa ya yang spesial dari tempat ini? ketika Bali diidentikan dengan Pantai dan pasirnya. Ubud menyajikan pemandangan lain. Terletak di dataran yang cukup tinggi, sepanjang jalan kita bakal disuguhkan sama pemandangan sawah-sawah rapih nan hijau. di kanan kiri banyak tersedia rumah makan khas Bali. kita bisa makan lesehan dikelilingi sawah-sawah hijau tadi. naik ke atas lagi, kita bisa menyusuri toko-toko yang menjual beragam barang-barang unik khas Bali. di Ubud juga ada pasar Ubud, sejenis pasar Sukawati, namun dengan harga yang bener-bener digenjot jadi super mahal. jadi kemampuan nawar benar-benar dipertaruhkan di pasar Ubud ini.

Waterboom

dengan membayar160rb rupiah kita bisa main air sepuasnya di sini! seru dan harus banget coba semua wahana yang ada. yang paling klimaks itu namanya “Climax” kita dijatuhin dari posisi berdiri ke perosotan tinggi yang berbentuk tabung berputar-putar. tapi ada kejadian memalukan dimana gw “tersendat” di tengah tabung 😦 jadi mesti ngesot-ngesot supaya bisa keluar dari wahananya T.T

Pantai Seminyak

yang bagus dari pantai seminyak? ombaknya enak untuk surfing, dan anginnya cukup kencang untuk main layang-layang! olee akhirnya kesampean juga main layang-layang di pinggir pantai.. :))

 

Main layangan si seminyak

 

Surfer Boy..

Bedugul

Danau yang eksotis. disini kita bisa naik kapal kecil seharga 20k seorangnya. nanti kita bakal diajak keliling danau dan diturunkan diresort gitu untuk sekedar foto-foto.

@ tepi danau bedugul

 

Kebun Raya Entah Apa Namanya

karena dari bedugul masih siang dan kita sudah kehabisan objek di sekitarnya, akhirnya kita mampir ke taman ini. mirip sama Kebun Raya Bogor, isinya semua pohon. gak ada yang spesial makanya saya lupa namanya πŸ˜€

kebun raya bali *asal sebut nama*

Hari terakhir…. kita pamitan sama penghuni kost dan monumen perjuangan Bali.. sebelum akhirnya kita kembali ke kota masing-masing..

terima kasih Bali Ranger for one of the sweetest moment in my life πŸ™‚ semoga kapan-kapan kita bisa jalan-jalan kesana bareng lagi ya.. ;;)

Bali Ranger 2007

ps : big thanks to Amalfi Yusri dan kak Abigael atas foto-fotonya πŸ˜€

Advertisements

14 thoughts on “50 days in Bali

  1. kalo habis ini main parasailing dan jetski, brarti liburan (eh, KP) ;P kita bener-bener sama ‘jadwalnya’ dhe. hehehe πŸ™‚

    • hehe salah kak reisha..
      pas ngetik, mikirnya itu lagi nyeritain sunrise di sanur..=))

      makasih udah diingetin πŸ˜€

      *tapi emang ampe sekarang kita gak pernah dapet sunset sekalipun .. -___-

  2. sukses banget kpnya di bali. hehehe…
    btw kalo suka kegiatan2 seru gitu bisa juga coba treetop adventure di kebun raya bedugul atau rafting di telaga waja. atau yang murah meriah, surfing di kuta… dijamin ga mati gaya πŸ˜€

    • hehe iya kakak, sukses di awal bangkrut di akhir ini judulnya..hahaha..
      wah, berapaan tuh kak? dari kuta ke bedugul jauh ya? terima kasih info nya ka gia…

      10 hari lagi nih disini πŸ˜€

      • treetop 140rb, rafting 200rb, kalo surfing sewa papan 50rb sepuasnya *udah kayak orang jualan, hahaha.
        dari kuta ke bedugul kira2 1,5 jam. biasanya orang2 ke situ liat danau beratan dan pura ulun danu (yang gambarnya ada di duit 50 ribu :P)

  3. Pingback: Gajah Kecil in review 2010 « world of word

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s