terapi 8 gelas sehari

sudahkah anda minum air 2L sehari?
saya sudah! (nada iklan Yakult)

dahulu kala saya bukan pecinta air putih, sampai mama selalu cerewet menganjurkan saya untuk minum yang banyak. lalu sejak kapan saya mulai bersahabat dengan air putih? inilah terapi yang saya lakukan..

Setiap bangun tidur saya usahakan minum satu gelas per hari. awalnya memang susah dan mual.
lama-lama rasa “haus” selalu dirasakan ketika bangun tidur.
Hari-hari selanjutnya, sang tubuh meminta 2 gelas setiap pagi. efek yang ditimbulkan awalnya adalah saya bisa bolak-balik buang air kecil 3 – 5 kali. tapi setelah beberapa hari tubuh mulai terbiasa, paling setiap pagi 1 – 2 kali ke kamar mandi. dan warna urin pun lebih bening.

cara lain yang saya lakukan, saya membeli botol minum 700ml. setiap bangun tidur botol diisi penuh, saya minum setengah sebelum mandi. setengah lagi dihabiskan sehabis mandi. sebelum berangkat ke kampus botolnya saya isi penuh lagi. selama kuliah satu botol itu habis lagi. sorenya saya isi kembali dan setiap sebelum tidur airnya sudah harus habis.
gak kerasa loh, tau-tau kita udah minum 2,1 L hari itu!

terlihat menyejukkan bukan?;)

Efeknya?

  • saya memiliki kulit yang kering, sedikit demi sedikit kekeringan kulit berkurang. dan entah ada hubungannya atau tidak, jerawat kecil-kecil di muka pun kini jarang terlihat. dan setiap saya memiliki luka, luka tersebut akan sembuh dalam waktu yang lebih cepat.
  • pencernaan jadi lancar! karena biasanya kalo kita minum satu gelas air putih bisa merangsang rasa mules di pagi hari. insya Allah sehari sekali isi perut keluar 😀
  • tubuh jadi lebih segar, dan tentunya.. mengkonsumsu air putih jauh lebih hemat dibandingkan membeli minuman bersoda, betul kan?;)

Fakta lain tentang air putih:

1. lebih baik minum air putih dengan suhu normal, air bersuhu dingin cenderung membuat kerja organ semakin berat, salah satu efeknya ialah perut bisa menjadi buncit (nah loh cewe hati-hati yah :p)
(sumber dari sini)

2. banyak minum air bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi penyebab stress dari dalam tubuh seperti hormon kortisol, si hormon stress (sumber dari sini)

3. Menurut penelitian, tubuh manusia memang membutuhkan air 1,5 – 2 L perhari(air yang dimaksud merupakan air mineral. kopi, teh, susu, dsbnya gak dihitung yah), silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. sesuatu yang kurang memang tak baik, tapi sesuatu yang berlebihan juga bisa tidak baik.

4. buat temen-temen yang doyan ngemil, saat nafsu ngemil muncul, segera minum air putih. Kadang-kadang rasa lapar adalah rasa haus yang diterjemahkan sebagai lapar. Minum secangkir atau dua cangkir air putih akan membuat nafsu ngemil itu hilang.

jadi, ayo biasakan minum air 8 gelas perhari, yang penting dilakukan bertahap.
tapi jangan minum 8 gelas perhari.. (kecuali anda kuda lumping)

14 thoughts on “terapi 8 gelas sehari

  1. wah tipsnya boleh juga nih, gw soalnya sering lupa waktu kalo udah siang2 gitu
    lebih tepatnya males ngambil minum sih, hahaha

    emang kalo kita minumnya teh, kopi, dll yang bukan aer mineral gitu bener2 ga diitung yak?

    • hehe iyaa.. gw juga suka males bolak balik ngisi gelas.. bahkan kalo lagi seharian di kostan gw isi botol 1,2 L biar gak bolak-balik..
      sekarang gelas di kostan udah jarang kepake..
      lumayan loh, bolak-balik ngisi gelas itu buang-buang lemak di tubuh gw yang minim 😉

  2. Emang ngaruh ta mbak ma jerawat,…??

    Klo bangun tidur memang sy biasakan minum air putih..
    Tapi klo seblum tidur biasanya, air kopi..
    hehehe

    Btw, klo yg haus diterjemahkan dg lapar.. bole juga..
    keknya sy sring ngalamin =D

    • Mm dari yg saya baca sih kayak gitu.. kalau saya sendiri emang jarang jerawatan, paling dulu kayak jerawat kecil-kecil tapi sekarang udah gak ada lagi 😀
      Walah mas, masa mau tidur minum kopi? Justru orang minum kopi supaya gak tidur.. 😆

  3. Pingback: Jaga Kolesterol Sejak Dini | @dseptia

Leave a Reply

