Ketindihan

karena entah mengapa akhir-akhir ini saya sering ketindihan jadi ingin nulis.. *nyambungch

Apa itu ketindihan?
fenomena yang terjadi saat kita tidur, kemudian kita merasa terjada namun tidak dapat bergerak bahkan ketika sudah berusaha sekuat tenaga..

Pernahkah anda mengalami ketindihan?
saya pernah, dan yang dilakukan pertama kali adalah “baca2” mulai dari ayat kursi, an-nas sampai semua doa yang diingat saya baca..hehe..

kenapa?
soalnya dari dulu kalo ketindihan pasti dihubungkan dengan kejadian dimana ada ‘makhluk halus’ yang duduk di atas kita (hiii…)

tapi ternyata fenomena ketindihan ini punya penjelasan medisnya juga loh..
Bagi pada ahli kedokteran, kejadian ini dikenal sebagai “Sleep Paralysis”.
Gejala-gejalanya ?
1. Gak bisa menggerakan tubuh dan otot saat terjaga dari tidut
2. Kadang-kadang kita juga berhalusinasi seperti didatangin makhluk halus, atau juga bisa mimpi seperti biasa
3. Biasanya terjadi beberapa kali atau berulang kali dalam satu period tidur

Penelitian Stanford menunjukkan bahwa :
1. Beberapa orang yang memiilki kebiasaan tidur tidak teratur seringkali mengalami ”Sleep Paralysis”.
2. Sebuah study menunjukkan bahwa 35% orang yang biasa mengalami ”Sleep Paralysis” juga kadangkala mengalami     kepanikan saat bangun tidur atau terjaga baik akibat mimpi ataupun kebisingan.
3. 16% orang yang biasa mengalami ”Sleep Paralysis” juga terbukti mudah panik.

Bagaimana mencegahnya?
yap balik lagi ke hampir seluruh maslah tubuh yang terjadi..
solusi paling ampuh dan efisien lagi-lagi adalah menjaga pola hidup yang sehat.. (andaikan ada pil yang sekali minum bisa langsung bikin sehat tanpa olah raga, makan-makanan sehat, dan mandi tiap hari..:P)
nah, pola hidup yang kayak gimana yang paling ampuh? yaitu :
1. Tidur yang cukup, jangan berlebihan (boro2 berlebihan, cukup aja enggak)
2. Hindari tidur waktu sore dan pagi (waktu dhuha dan ashar)
3. Olahraga teratur. oya, olahraga gak bagus dilakukan berdekatan dengan waktu tidur loh
4. Kurangi Stress (i wish….)
5. Tidur dengan waktu yang teratur (tidur paling malam jam 10 lalu bangun jam 5) *AHA..saya juga maunya begitu…*

 

YAP jadi akhir2 ini saya sering merasakan hal itu,

kayak tadi malam.. ketindihan dirasakan berbarengan dengan mimpi aneh bahwa ada 3 hantu wanita yang mencari saya ke sekre himpunan.. katanya hantu itu datang dan bertanya ke teman-teman yang lagi main dota, namun karena saya gak ada disana jadi mereka pergi lagi..

ternyata jika teman-teman pernah merasakan ketindihan namun diiringi dengan melihat ‘sesuatu’ di tempat sebelah tempat tidur, bisa jadi itu juga hanya salah satu fenomena dalam sleep paralysis ini..  Sleep Paralysis juga kadang menampilkan memory sesaat sebelum kita tertidur (yaitu ruang kamar kita) sehingga saat bermimpi seakan-akan kita membuka mata dan melihat keadaan kamar (dan bisa juga ditambah pemandangan ‘tambahan’ yang tidak dikehendaki) padahal mata kita masih menutup dan otomatis gak lihat apa2 donk…:)

Advertisements

14 thoughts on “Ketindihan

  1. “Sleep Paralysis juga kadang menampilkan memory sesaat sebelum kita tertidur (yaitu ruang kamar kita)”
    Ngga cuma memori visual aja de, memori audio juga bisa. Pernah aku tindihan dan waktu ‘terjaga’ itu ndengerin lagu2 yang baru disetel adikku.

    Tapi ada hal yg bikin aku tenang mengalami tindihan setelah aku tindihan waktu itu (lho). Kan aku waktu itu ketiduran sambil baca2 (kebanyakan kena tindihan pas ‘ngga sengaja tidur’) Trus waktu terjaga aku sempet sedikit panik, cuma mataku yang bisa gerak, sempet aku lihat halaman dari buku yang aku baca. Eh pas aku bener2 bangun, halaman yang aku liat waktu ‘terjaga’ sebelumnya beda sama halaman yang saat itu benar2 terbuka 😀 hehehe, memori yg ke-capture g lengkap

  2. hehehe..iya kak..
    dhea juga dulu tuh suka takut kalo ketindihan, abis mitosnya kan ada ‘sesutu’ yang nindihin kita..

    tapi setelah tau pernjelasan ilmiahnya jadi lumayan hati-hati kalo mau tidur..hehehe…

  3. wehe..
    itu namanya tindihan, y?
    *soalnya ada yang bilang tindihan itu orang yang kena sampe teriak2*

    brarti sy bbrp kali pernah kena
    tp biasanya masih dalam kondisi sadar kalau lagi tidur
    pengalaman paling seremnya pas di bis ke Bandung, posisi kepala g enak buat nafas, pengen mindahin tapi gabisa >.<

    • wah.. iya kadang juga ada yang bilang ketindihan disebabin kalo ada peredaran yang gak lancar kayak susah nafas..

      tapi kalo kena (kemasukan bukan maksudnya?) aku gak pernah dan gak pernah mau juga..
      amit2 deh.. hehe..:p

  4. pertamaxx ni berkunjung ke sini. kalo mimpinya ditindih selain makhluk halus namanya ketindihan jg ga?hehe… aku soalnya pernah kyk gitu, tpi mimpinya ditindih sm kk sepupu yg gendut bgt 😦

    • hehe.. maaf yah kak blognya jaraaaaaaaaaaaaaaaaang banget di update.. >:)

      suka males kalo nulis panjang-panjang..

      kalo mau curhat ringan jadinya kesini deh :
      http://chamelon.tumblr.com

      kalo soal mimpi ketindihan sepupu yang gendut, mungkin aja artinya bakal ketiban rezeki kak..
      atau
      bisa juga sih karena mau dapet momongan (woot) (ninja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s